IOS 10 Sudah Bisa Diunduh, Ini Caranya

halo sobat Permata Pulsa, Berita Gadget kali ini adalah iOS 10 Sudah Bisa Diunduh, Ini Caranya yuk langsung aja kita lihat berita gadget dibawah ini

KOMPAS.com – Apple resmi merilis versi final dari iOS 10, Rabu (14/9/2016). Pengguna gadget tertentu Apple di semua dunia, termasuk Indonesia, kini telah mampu mengunduh OS terbaru itu.

Masih sama seperti sebelumnya, iOS 10 dapat diunduh secara gratis. Ada beberapa metode yg dapat digunakan buat mendapatkannya, merupakan melalui pembaruan over-the-air (OTA) atau memakai aplikasi iTunes di PC. (Baca: Hari Ini, iOS 10 Sudah Bisa Diunduh di Indonesia )

iOS 10 membawa sejumlah perubahan dan fitur baru buat gadget Apple, akan dari iPhone 5 atau versi lebih baru, iPad generasi 5 atau lebih baru, dan iPod Touch generasi 6.

Berbagai peningkatan dan fitur baru diterapkan oleh Apple di iOS 10, termasuk asisten digital Siri yg lebih pintar, iMessage anyar, widget yg lebih baik, desain baru buat aplikasi Maps, fitur Raise to Wake, dan lain-lain.

Fitur iMessages kini diperkaya dengan berbagai emoji baru, gelembung percakapan yg lebih dinamis, dan fitur buat menampilkan tautan berisi gambar di dalam percakapan. (Baca: Apple Pamer 12 Emoji Baru buat iOS 10)

Selain itu, melalui iMessage, pengguna juga mampu saling mengirim sticker ala aplikasi messenger Line. Sticker tersebut mampu didapatkan melalui App Store.

Sebelum mengunduh dan menginstal iOS 10, ada dua hal yg harus diketahui, seperti compatibility aplikasi di perangkat genggam, keadaan media penyimpanan, dan lain-lain.

Berikut dua hal yg harus diperhatikan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari PC Advisor, Rabu (14/9/2016).

1. Perbarui aplikasi

Ada baiknya, seandainya ada, memperbarui aplikasi yg terpasang di gadget Apple sebelum mengunduh iOS 10. Cara ini bagi memastikan bahwa aplikasi tersebut telah compatible dengan iOS 10.

Ada kemungkinan bahwa aplikasi versi lama tak cocok dengan iOS 10. Untuk menghindari kesulitan, misalnya aplikasi lama menjadi tak mampu dijalankan, lebih baik memperbaruinya terlebih dulu.

Caranya cukup mudah. Anda cuma perlu membuka App Store (memiliki icon berwarna biru dengan huruf A yg terletak dalam sebuah lingkaran).

Kemudian, di tab paling bawah, pilihlah Updates. Lokasi tab ini ada di bagian paling kanan layar. Jika ada update aplikasi, segera klik saja tombol Update yang ada di sebelah aplikasi.

Anda dapat me-refresh halaman update tersebut dengan cara mengusap layar ke arah bawah, buat mengetahui apakah masih ada pembaruan buat aplikasi lainnya atau tidak.

Akan tetapi, seandainya telah terlanjur meng-update ke iOS 10, Anda masih mampu memperbarui aplikasi dengan cara sama dengan yg disebutkan di atas.

2. Periksa compatibility

Apple merilis iOS 10 cuma bagi gadget tertentu. Dengan kata lain, ada perangkat tak kebagian pembaruan ini, biasanya karena yaitu seri lawas.

Berikut ini daftar perangkat buatan Apple yg mampu mengunduh iOS 10:

  • iPhone 6S dan 6S Plus
  • iPhone 6 dan 6 Plus
  • iPhone SE
  • iPhone 5S
  • iPhone 5C
  • iPhone 5
  • iPad Pro 12.9 inci
  • iPad Pro 9.7 inci
  • iPad Air 2, iPad Air
  • iPad generasi 4
  • iPad mini 4
  • iPad mini 3
  • iPad mini 2
  • iPod Touch generasi 6

Perangkat seperti iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4s, iPod Touch generasi pertama hingga kelima, iPad generasi pertama hingga ketiga tidak kebagian iOS 10 ini.

3. Jangan lupa back-up data

Dalam proses update iOS, sistem tak bakal menghapus aplikasi dan data punya pengguna. Namun, tak ada salahnya buat melakukan backup data terlebih dahulu.

Setidaknya, seandainya terjadi kesalahan update, Anda telah memiliki data cadangan.

Ada beberapa cara yg dapat dikerjakan buat back-up ini, yakni melalui aplikasi iTunes di komputer atau melalui media penyimpanan berbasis cloud Apple, iCloud.

Jika memilih bagi back-up via iCloud, Anda cukup menyalakan fitur iCloud di bagian Setting. Setelah fitur tersebut dinyalakan, tinggal tekan tombol Back Up Now. Yang harus diingat, jumlah data yg disimpan buat iCloud versi gratis adalah 5 GB.

Sekadar catatan, Anda butuh terhubung ke internet via WiFi buat melakukan backup memakai cara ini buat menghemat paket data.

Jika memakai komputer, hubungkan iPad atau iPhone memakai kabel data.

Setelah itu, klik kanan di nama perangkat yg ingin di-backup. Terakhir, pilih menu Backup. Secara otomatis, iTunes mulai menyimpan data perangkat di komputer.

Selain itu, jangan lupa buat mencentang kotak Encrypt Backup yg ada di layar Backup di tersebut.

4. Kosongkan media penyimpanan

Kebutuhan media penyimpanan bagi memasang iOS 10 bervariasi, tergantung kepada perangkat genggam yg digunakan. Namun rata-rata, Anda mesti menyiapkan ruang kosong sekitar 1,5 hingga 2 GB buat mengunduhnya.

Sebelum menetapkan mengunduh iOS 10, sebaiknya Anda pastikan ruang kosong tersebut telah tersedia. Caranya, antara yang lain dengan memindahkan berbagai data, foto atau audio ke dalam cloud atau media lainnya. Menghapus aplikasi juga dapat dilakukan.

5. Cara memperbarui

Ada beberapa cara buat memperbarui sistem operasi ke iOS 10, merupakan update over the air atau memakai iTunes.

Cara pertama, dapat dikerjakan dengan mudah. Saat iOS 10 dirilis, pengguna perangkat yg kebagian jatah pembaruan ini mulai mendapatkan pemberitahuan. Bakal ada pesan pop-up yg muncul di perangkat.

Saat pemberitahuan muncul, pengguna tinggal menyetujui saja, maka pembaruan aplikasi mulai diproses.

Selain itu, dapat juga dengan cara masuk ke Settings, General, dan Software Update. Jika Anda telah kebagian iOS 10, maka pembaruan itu mulai kelihatan di menu Software Update. Selanjutnya cukup memilih “Download”, pilih “Install to upgrade iOS”, kemudian ikuti instruksi yg muncul.

Cara kedua, pengguna mesti memasang iTunes terbaru (versi 12.4.3) di komputer. Selanjutnya hubungkan iPad, iPhone, atau iPod Touch punya Anda ke komputer tersebut dan bukalah iTunes.

Selanjutnya, pengguna mulai disambut dengan pop-up yg memberitahu ketersediaan pembaruan sistem operasi ke iOS 10. Cukup klik perintah “Download and Install” bagi segera memasangnya.

Jika pop-up tersebut tak muncul, maka klik ikon iPhone, iPad atau iPod Touch pada daftar perangkat iTunes. Kemudian, lanjutkan dengan klik pada tulisan “Check for Update”.

Pengguna mulai ditanya apakah bersedia memperbarui sistem operasi ke iOS 10. Jika bersedia dan proses download telah berjalan, pastikan perangkat tetap terhubung ke komputer, hingga segala proses selesai.

Saat ini, seandainya update berlangsung selama dua jam, jangan panik dulu. Itu adalah hal yg wajar. Pasalnya, server Apple sedang dipenuhi peminat iOS 10 yang lain dari semua dunia.

Sumber: http://tekno.kompas.com

Demikianlah artikel mengenai iOS 10 Sudah Bisa Diunduh, Ini Caranya, semoga bermanfaat untuk sobat Permata Pulsa.

Tags: Berita Terbaru

Related Post "IOS 10 Sudah Bisa Diunduh, Ini Caranya"

Samsung Z2 Sudah Muncul Di Jakarta, Terbatas Dan Lebih Mahal
halo sobat Permata Pulsa, Berita Gadget kali
Uber Berhentikan Sopir “Khrisna Murti Berwajah Kaka Slank”
halo sobat Permata Pulsa, Berita Gadget kali
Ini Daftar Xiaomi Yang Kebagian Android 7.0 “Nougat”
halo sobat Permata Pulsa, Berita Gadget kali
Ayah Kandung Steve Jobs Menyesal Tak Mengenal Anaknya
halo sobat Permata Pulsa, Berita Gadget kali